MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING KELOMPOK 4
MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING
Kedua belahan otak manusia ini memiliki tugas dan cara
kerja yang berbeda. Otak kiri bekerja untuk hal-hal yang terkait dengan kata,
angka dan daftar. Sementara otak kanan berkerja untuk hal-hal yang terkait
dengan kesadaran, imajinasi, warna, keindahan. Sebagaimana dua kaki dan tangan,
aktivitas manusia akan mudah dikerjakan bila kedua pasang organ tersebut
bekerja dengan baik. Tentunya berjalan dengan dua kaki akan jauh lebih optimal
dibandingkan dengan jalan satu kaki. Demikianlah perumpamaannya dengan otak
kita.
Umumnya manusia hanya memfungsikan salah satu otaknya
saja, ada yang dominan otak kirinya adapula yang dominan otak kanannya. Bisa
dibayangkan bagaimana luar biasanya otak manusia bila kedua belahan otaknya
dapat dioptimalkan.
Begitu juga siswa dalam belajar, jika siswa bisa
mengaktifkan dua sisi otaknya secara efektif, maka penulis yakin mereka akan
dengan mudah menerima pelajaran yang diberikan guru kepada siswa. Bukan hanya
itu, kemampuan logika anak akan lebih berkembang ketimbang mereka harus
menghafal kata demi kata dan kalimat demi kalimat. Metode
pengajaran/pemberlajaran yang dapat mengoptimalakan kedua belah sisi otak
manusia tersebut adalah metode mind
mapping (Peta Pikiran).
A.
Tujuan Penulisan
1.
Untuk mengetahui pengertian dari model pembelajaran mind mapp
2.
Untuk mengetahui bagaimana penggunaan mind mapp
3.
Untuk mengetahui manfaat dari penggunaannya
4.
Untuk mengetahui pembuat mind map
5.
Untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Belajar dan Pembelajaran
B.
Perumusan Masalah
1.
Apa itu model pembelajaran mind mapping?
2.
Bagaimana penggunaan mind mapping?
3.
Apa manfaat dari penggunaan mind mapping?
4.
Bagaimana aplikasinya pada pembelajaran biologi ?
5.
Siapa saja penemu metode mind mapping?
6.
Apa saja kelebihan dan kelemahan dari metode mind mapping ?
7.
Apa perbedaan dari mind mapping dengan
tulisan biasa?
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian
Mind Mapping
Mind mapping merupakan suatu teknik mentarat yang menggunakan
kata-kata, garis, warna, symbol, serta gambar dengan menggabungkan dan
mengembangkan potensi kerja otak yang dapat memudahkan seseorang untuk mengatur
dan mngingat segala bentuk informasi (Nasrul Hakim, dkk, 2019).
Konsep Mind mapping asal mulanya diperkenalkan oleh
Tony Buzan tahun 1970-an. Menurutnya mind map adalah sistem penyimpanan,
penarikan data, dan akses yang luar biasa untuk perpustakaan raksasa, yang
sebenarnya ada dalam otak manusia yang menakjubkan (Buzan, 2009 : 12). Mind map
adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil
informasi keluar otak-Mind Map adalah cara mencatat yang kreatif, efektif, dan
secara harfiah akan “memetakan” pikiran-pikiran kita.
Pemetaan pikiran yang dikemukakan oleh Buzan ini
didasarkan pada kenyataan bahwa otak manusia terdiri dari satu juta juta sel
otak atau setara dengan 167 kali jumlah manusia di bumi, sel-sel otak tersebut
terdiri dari beberapa bagian, ada bagian pusat (nukleus) dan ada sejumlah
bagian cabang yang memencar ke segala arah, sehingga tampak seperti pohon yang
menumbuhkan cabang ke sekelilingnya (Buzan, 2009:30).
Kita bisa membandingkan mind map dengan peta kota.
Pusat mind map miripdengan pusat kota. Pusat mind map mewakili ide terpenting.
Jalan-jalan utama yang menyebar dari pusat mewakili pikiran-pikiran utama dalam
proses pemikiran kita, jalan-jalan sekunder mewakili pikiran-pikiran sekunder,
dan seterusnya. Gambar-gambar atau bentuk- bentuk khusus dapat mewakili
area-area yang menarik atau ide-ide menarik tertentu.
Sama seperti
peta jalan, Mind Map akan :
1. Menyenangkan untuk dilihat,
dibaca, dicerna dan diingat.
2.
Memberi pandangan meyeluruh pokok masalah atau area
yang luas.
3.
Memungkinkan kita merencanakan rute atau membuat
pilihan- pilihan dan mengetahui ke mana kita akan pergi dan di mana kita
berada. Mengumpulkan sejumlah besar data di suatu tempat.
4.
Mendorong pemecahan masalah dengan membiarkan kita
melihat jalan-jalan terobosan kreatif baru.
Mind Map juga merupakan peta rute yang hebat bagi
ingatan, memungkinkan kita menyusun fakta dan pikiran sedemikian rupa sehingga
cara kerja alami otak dilibatkan sejak awal. Ini berarti mengingat informasi
akan lebih mudah dan lebih bisa diandalkan daripada mengunakan tekhnik
pencatatan tradisional. Konsep ini dikategorikan ke dalam teknik kreatif,
karena pembuatan mind mapping ini membutuhkan pemanfaatan imajinasi dari si
pembuatnya. Siswa yang kreatif akan lebih mudah membuat mind mapping ini.
Begitu pula, dengan semakin seringnya siswa membuat
mind mapping, dia akan semakin kreatif. Sebuah mind map memiliki sebuah ide
atau kata sentral, dan ada 5 sampai 10 ide lain yang keluar dari ide sentral
tersebut. Peserta didik di kelas lebih tertarik dengan teknik mencatat yang
mengedepankan keindahan dengan berbagai warna bukan teknik mencatat yang
membosankan (Nasrul Hakim, dkk, 2019). Mind maping merangsang peserta didik
untuk berpikir kritis, selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan dan
mengembangkan pola pikir pendapat, berdasarkan data yang digunakan dalam
pengambilan keputusan (Nasrul Hakim, dkk, 2020)
Mind mapping sangat efektif bila digunakan untuk
memunculkan ide terpendam yang siswa miliki dan membuat asosiasi di antara ide
tersebut. Catatan yang siswa buat membentuk sebuah pola gagasan yang saling
berkaitan, dengan topik utama ditengah dan sub topik dan
perincian menjadi cabang-cabangnya, tekhnik ini dikenal juga dengan nama
Radian Thinking (Deporter dan Hernacki, 2011 : 152).
Dengan membuat sendiri peta pikiran siswa “melihat”
bidang studi itu lebih jelas, dan mempelajari bidang studi itu lebih bermakna.
Para siswa cenderung lebih mudah belajar dengan catatannya sendiri yang
menggunakan bentuk huruf yang mereka miliki dan ditambah dengan pemberian warna
yang berbeda disetiap catatan mereka. Dibandingkan dengan membaca buku teks
mereka merasa kesulitan ketika persiapan akan menghadapi ujian.
Mind mapping merupakan tehnik penyusunan catatan demi
membantu siswa menggunakan seluruh potensi otak agar optimum. Caranya,
menggabungkan kerja otak bagian kiri dan kanan. Metode ini mempermudah
memasukan informasi kedalam otak dan untuk kembali mengambil informasi dari
dalam otak. Mind mapping merupakan teknik yang paling baik dalam membantu
proses berfikir otak secara teratur karena menggunakan teknik grafis yang
berasal dari pemikiran manusia yang bermanfaat untuk menyediakan kunci- kunci
universal sehingga membuka potensi otak. (Prayudi: 2008). Dengan metode mind
mapping siswa dapat meningkatkan daya ingat hingga 78%.
B.
Fungsi Mind Mapping
1. Mempermudah dalam
mengingatkan informasi;
2.
Mempermudah memperoleh ide;
3. Belajar menjadi efektif dan efisien;
4.
Menjadikan hidup lebih kreatif;
5. Dapat mengatur kehidupan
sehari – hari
C. Perbedaan
Mind Mapping dengan Tulisan Biasa
Berikut adalah
perbedaan antara Tulisan Biasa dan Mind Mapping
1. Tulisan Biasa
a.
Hanya berupa tulisan-tulisan saja
b.
Hanya dalam satu warna
c.
Untuk mereview ulang memerlukan waktu yang lama
d.
Waktu yang diperlukan untuk belajar lebih lama
e.
Statis
2.
Mind Mapping
a.
Berupa tulisan, symbol dan gambar
b.
Berwarna-warni
c.
Untuk mereview ulang diperlukan waktu yang pendek
d.
Waktu yang diperlukan untuk belajar lebih cepat dan efektif
e.
Membuat individu menjadi lebih kreatif
Dari uraian tersebut, peta pikiran (mind mapping) adalah satu teknik
mencatat yang mengembangkan gaya belajar visual. Peta pikiran memadukan dan
mengembangkan potensi kerja otak yang terdapat di dalam diri seseorang. Dengan
adanya keterlibatan kedua belahan otak maka kan memudahkan seserorang untuk
mengatur dan mengingat segala bentuk informasi, baik secara tertulis maupun
secara verbal. Adanya kombinasi warna, simbol, bentuk dan sebagainya memudahkan
otak dalam menyerap informasi yang diterima.
D. Mind
Mapping Memanfaatkan Belahan Otak Kanan dan Otak Kiri
System pendidikan cenderung berfokus pada otak kiri dan kurang
memanfaatkan otak kanan dengan membuat mind map, kita telah memanfaatkan dua
belahan otak yaitu otak kanan dan otak kiri. Pembagian dua belahan otak ini
dikemukakan oleh professor
Robert Ornstein yakni :
Keterampilan
Otak Kanan dan Otak Kiri
Otak Kiri |
Otak Kanan |
·
Kata –kata ·
Logika ·
Angka |
·
Irama ·
Kesadaran ruang ·
Gestalt (gambar |
·
Uraian ·
Analisis ·
Daftar |
keseluruhan) ·
Imajinasi ·
Melamun ·
Warna ·
Dimensi |
E.
Langkah – Langkah Sebelum Membuat Mind Mapping
Langkah - langkah yang harus diperhatikan ketika akan
membuat mind map, bahan bacaan yang berasal dari buku teks, yaitu :
1. Membaca teks secara keseluruhan
Dengan membaca teks secara menyuruh maka akan
mengetahui isi cerita. Sewaktu membaca teks beri tanda pada kata
– kata yang
dianggap penting untuk mencatat di mind map.
2. Mengenali tipe teks
Sebelum membuat mind map, maka harus menemukan desain
yang cocok untuk masing - masing teks yang spesifik. Setalah membaca teks maka
akan mengetahui desain yang sesuai untuk mind map yang akan dibuat. Secara
sederhana sebuah teks dapat dikategorikan ke dalam tiga kelompok :
a.
Komparasi (perbandingan)
Sebuah teks dikategorikan komparasi apabila teks tersebut terdapat
perbandingan antara A dan B, antara yang baik dan yang jelek dan sebagainya;
b.
Kronologi atau rangkaian peristiwa
Teks tersebut mempunyai sebuah awal dan akhir yang jelas, misalnya
biografi, sejarah, proses dan sebagianya. Desain ini biasanya sesuai engan arah
jarum jam;
c.
Presentasi (paparan)
Apabila cerita tanpa permulaan atau akhir yang jelas, apabila kata – kata
dipaparkan tanpa urutan yang khusus, maka bisa didesain sesuai dengan
keinginan;
3. Menulis mind map
Pada saat membaca maka telah memperoleh kata – kata
penting yang telah diberi tanda, tahap ini adalah tahap menulis kata
– kata penting pada mind map. Setelah menulis kata utama maka dihubungkan
dengan garis hubung pada kata-kata yang menjadi cabang dari kata – kata utama
F.
Langkah – Langkah Dalam Membuat Mind Mapping
1. Siapkan kertas kosong, mulai
dari bagian tengah;
2.
Pada bagian tengah tulis topik utama, bisa juga
menggunakan gambar atau foto;
3.
Hubungkan cabang – cabang utama ke topic utama dan
hubungkan cabang – cabang utama pada ranting yang merupakan sub topic utama;
4. Gunakan garis hubung yang
melengkung;
5. Gunakan warna ;
6.
Gunakan kata kumci pada setiap garis
hubung;
7. Gunakan gambar
Contoh bentuk mind map dengan tema utama „Tujuh belasan”. Dan cabangnya
adalah hias kota dan tirakatan dan kemudian diikuti dengan sub - sub cabang.
Beberapa unsur penting mind mapp dalam pembelajaran yang memberikan manfaat pada proses
pembelajaran itu sendiri adalah sebagai berikut :
a)
Gambar, karena gambar bermakna seribu kata dan akan
membantu siswa menggunakan imajinasinya.
b)
Warna, karena akan menambah energi kepada pemikiran
kreatif bagi siswa.
c)
Hubungan cabang-cabang, karena mengikuti cara kerja
otak yang bekerja menurut asosiasi, hal ini akan
mempermudah siswa mengerti dan mengingat.
d)
Garis melengkung, karena garis lurus akan membuat
siswa bosan.
e)
Katakunci, karena akan memberikan lebih banyak daya
dan fleksibilitas kepada mind map yang
sedang dibuat.
G.
Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping
1.
Kelebihan Mind Mapping adalah
sebagai berikut:
a.
Dapat mengemukakan pendapat secara bebas
b.
Dapat bekerjasama dengan teman lainnya
c.
Catatan lebih padat dan jelas
d.
Lebih mudah mencari catatan jika diperlukan
e.
Catatan lebih terfokus pada infi materi
f.
Mudah melihat gambaran keseluruhan
g.
Membantu otak untuk: mengatur, mengingat,
membandingkan dan membuat hubungan
h.
Memudahkan penambahan informasi baru
i.
Pengkajian ulan bisa lebih cepat
j.
Setiap peta bersifat unik
2. Kelemahan Mind Mapping
a.
Hanya siswa yang aktif yang terlibat
b.
Tidak sepenuhnya murid yang belajar
H. Penerapan Mind Mapping Dalam
Mata Pelajaran Matematika
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan
Konsep Mind
mapping asal mulanya diperkenalkan oleh Tony Buzan tahun 1970-an.
Menurutnya mind map adalah sistem
penyimpanan, penarikan data, dan akses yang luar biasa untuk perpustakaan
raksasa, yang sebenarnya ada dalam otak manusia yang menakjubkan.
Mind mapping merupakan
tehnik penyusunan catatan demi membantu siswa menggunakan seluruh potensi otak
agar optimum. Caranya, menggabungkan kerja otak bagian kiri dan kanan. Metode
ini mempermudah memasukan informasi kedalam otak dan untuk kembali mengambil
informasi dari dalam otak. Mind mapping merupakan
teknik yang paling baik dalam membantu proses berfikir otak secara teratur
karena menggunakan teknik grafis yang berasal dari pemikiran manusia yang
bermanfaat untuk menyediakan kunci-kunci universal sehingga membuka potensi
otak